Home » Kultum Ramadhan: Kewajiban Menuntut Ilmu Agama Islam
Ceramah Singkat TPQ

Kultum Ramadhan: Kewajiban Menuntut Ilmu Agama Islam

Penyusun : Apri Maulina / Editor : IES

Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.

Sebelum kita mulai kultum Ramadhan dengan tema Kewajiban Menuntut Ilmu Agam Islam, pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah swt.

Bersyukur karena Allah swt telah memberikan Rahmat dan Nikmat yang sangat luar biasa, sehingga kita bisa bersua kembali.

Shalawat serta salam kita haturkan kepada junjungan kita Baginda Nabi Agung Muhammad saw, yang kita nantikan syafaatnya di yaumul akhir, aamiin.

Jamaah yang semoga senantiasa mendapatkan kasih sayang dari Allah SWT.

Sebagai hamba Allah swt, kita sadar bahwa di antara kewajiban hamba terhadap Tuhannya tidak lain adalah agar beribadah kepada-Nya.

Adapun menuntut ilmu agama Islam adalah wajib hukumnya, artinya ketika dikerjakan akan mendatangkan pahala dan apabila ditinggalkan akan berdosa.

Sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi Muhammad saw.

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Yang Artinya: “menuntut ilmu (agama Islam) hukumnya wajib atas setiap orang muslim” (HR Ath-Thobroni). (atau lihat Mujam Thabarani Kabir jilid 10 halaman 195 hadis nomor 10461, Sunan Ibnu Majah hadis nomor 220).

Tanpa adanya upaya menuntut ilmu agama Islam, tentunya seorang muslim dan muslimat akan lebih mudah untuk terjerumus kedalam banyak dosa dan kesalahan, karena ketidak pahamanya. Dan inilah diantara bahaya dari meninggalkan kewajiban.

Dan sebaliknya, ketika seorang muslim dan muslimat rajin menuntut ilmu agama Islam maka berbagai faidah akan dia dapatkan dengan seizin Allah SWT. Baik ketika dia masih di dunia atau kelak di akhirat nanti.

Untuk itu, marilah pergunakan waktu dan kesempatan dengan sebaik mungkin demi tercapai berbagai kebaikan untuk kita semua dengan selalu berusaha menuntut ilmu agama dengan baik dan benar.

Allah Ta’ala berfirman.

وَقُلْ رَّبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا

Artinya : “Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku” , (QS Thoha: 114). (quran.kemenag.go.id).

Demikian kultum Ramadhan singkat kali ini tentang kewajiban kita kaum Muslimin untuk menuntut ilmu, terimakasih.

Nun walqolami wama yasturun.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

*)Penyususn adalah Ustadz TPQ Nurul Iman, Pelajar Kelas 11 SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga, Anggota KOKAM

Jadwal Sholat :


jadwal-sholat

Kalender Masehi – Hijriyah

Masehi HijriyahPerhitungan pada sistem konversi Masehi – Hijriah ini memungkinkan terjadi selisih H-1 atau H+1 dari tanggal seharusnya untuk tanggal Hijriyah